Cara Mengatasi Lovebird Mencabuti Bulunya Sendiri

Seperti telah kita ketahui bahwa lovebird adalah salah satu jenis burung yang sangat digemar dan telah menjadi salah satu primadona masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi karena keunikan burung ini mulai dari kicauannya dan warna yang indah.
Namun banyak para penghobi yang mengeluh tentang permasalahan yang terjadi dari perkembangan burung ini salah satunya adalah burung ini sering mencabuti bulunya sendiri. Hal ini berdampak pada mengurangnya nilai keindahan burung dari segi bulu. Sebelum saya menjelaskan tentang solusi untuk mengatasi burung yang berprilaku aneh tersebut, alangkah baiknya kita bisa mengenali terlebih dahulu apa penyebab burung ini bisa melakukan hal aneh tersebut.
PENYEBAB 
1. Terdapat kutu pada bulu burung
prilaku dari burung lovebird yang sering mencabuti bulunya sendiri disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya terdapat kutu burung yang menempel pada bulu tersebut. hal ini menjadikan burung tersebut menjadi gatal dan kurang nyaman sehingga burung tersebut menggigit bulunya sendiri. 

2. Kekurangan vitamin
Jika burung kekurangan kalsium dan vitamin burung tersebut akan dengan sering melakukan hal bodoh demikian, karena kurangnya gizi dan vitamin ketika proses pertumbuhan bulu baru mengakibatkan burung tersebut menjadi gatal.

3. Faktor fisiologi. (over birahi)
ketika burung tersebut mengalami over birahi, dan tidak tersalurkan melalui proses perkawinan, burung tersebut akan secara tidak sadar mencabuti bulunya sendiri. Kebutuhan akan pasangan pada burung social seperti lovebird memang perlu diberikan karena untuk melampiaskan hasrat biologis burung.

SOLUSI

Jika kondisi burung bebas dari kutu dan kesehatan tubuh juga baik namun sering mencabut bulu-bulunya kemungkinan faktor fisiologis yang sedang terjadi. Kebutuhan akan pasangan pada burung social seperti lovebird memang perlu diberikan karena untuk melampiaskan hasrat biologis burung.

Pelampiasan hasrat biologis burung lovebird jika tidak menemukan pasangan salah satunya dengan cara mencabuti bulu-bulunya, sehingga jika tidak segera di atasi akan berakibat kondisi bulu menjadi rusak dan keindahannya akan hilang. Untuk itu salah satu jalan untuk mengatasinya adalah dengan memberi pasangan.

Pemberian pasangan lebih baik dalam satu sangkar, karena sifat lovebird yang senang berpasangan. Jadi cara mengatasi burung paruh bengkok yang sering cabut bulu akibat faktor fisiologis yaitu dengan memberinya teman/pasangan.
Kunjungi informasi menarik lainnya tentang penyebab dan solusi ciblek macet bunyi

0 Response to "Cara Mengatasi Lovebird Mencabuti Bulunya Sendiri"

Posting Komentar