Pakan Lovebird Juara, Awas Jangan Dikasih Pakan Ini !

Menyambung artikel sebelumnya tentang seputar loverbird, penjelasan sebelumnya kita telah membahas tentang cara rawatan LB ngekeke.
Untuk kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai seputar LB juga namun kita akan fokus pada makanan yang baik dan benar yang menunjang kesehatan dan kekuatan LB kita supaya ada peningkatan secara signifikan baik dalam kualitas ngekek maupun kekuatan bulu dan mental LB itu sendiri.
Makanan yang bisa kita berikan pada LB adalah Bijian mix, kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya.

Asinan. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan.Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.


Extra Fooding.
Biji bunga Matahari, biji Fumayin, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan biji Kacang Hijau sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuhnya. Note: jangan pakai fumayin karena termasuk narkotika oleh Badan Narkotika Nasional.


- Sayuran segar. Burung Love Bird sangat menggemari sayuran segar seperti: Kangkung, Sawi Putih, Jagung Muda dan sayuran lainnya.

Beberapa jenis pakan dan kegunaannya:
1 Pakan Pokok
Biji millet putih dan millet merah serta canary seed. Ane mixnya millet putih:millet merah:canary seed = 2:1:2. Fungsinya sebagai makanan pokok karena LB termasuk burung pemakan biji2an.

2. Ekstra food
-pembangkit birahi
Dalam ilmu breeding dan kicau, menerapkan tehnik membangkitkan birahi LB tersebut agar cepat kimpoi dan bertelur(utk breeding) dan meningkatkan frekuensi berkicau(kicauan). Jenis makanan yang dipakai untuk meningkatkan birahi antara lain biji matahari, dan kangkung(rada kontroversi karena sebagian menganggap kangkung utk menurunkan birahi tapi ada juga yang ngomong kangkung utk menaikkan birahi LB , TS akan melakukan riset secara continue).

3. Asupan Kalsium
Kalsium merupakan gizi yang penting untuk LB karena berfungsi menghindari EGG BINDING(cek bagian kepenyakitan) dan menjaga kepadatan tulang LB. makanan yang digunakan adalah tulang sotong atau asinan, kulit telur(bisa pakai limbah dapur sisa goreng telur ayam).
-penunjang karbohidrat indukan dan anakan
Jagung muda bisa diberikan kepada indukan yang meloloh anakan supaya anakan tumbuh sehat dan cepat besar.

4. Penunjang Warna
Beberapa teman penghobi LB memberikan wortel, sawi untuk menjaga warna LB kesayangannya agar tetap berkilau. Khususnya lutino, wortel diberikan untuk menunjang bulu orange n merahnya 
-variasi pakan
Beberapa biji2an bisa diberikan sebagai variasi pakan LB seperti biji kedelai, kacang hijau, kacang merah. Biji2an dihancurkan dulu secara kasarbaru diberikan kepada LB.

RACUN BAGI LOVEBIRD, harap hati2 jika ingin lovebirdnya tetap selamat hindari jenis-jenis makanan dibawah ini agar tidak diberikan pada burung LB kesayangan kita karenan efeknya sangat berbahaya.
1. biiji apel;
2. navy bean;
3. alpukat;
4. cokelat;dan
5. kopi.

Larangan dari BNN, jangan memakai biji fumayin karena biji fumayin dikategorikan narkotika oleh BNN. daripada ente kena masalah sama BNN

0 Response to "Pakan Lovebird Juara, Awas Jangan Dikasih Pakan Ini !"

Posting Komentar