Cara Jitu Merawat Lovebird Sudah Jadi (Ngekek)

Terimakasih untuk kunjungannya.
Burung lovebird adalah burung yang mempunyai aneka ragam jenis dan warna, saya tidak akan menyebutkan secara rinci jenis warna dan spesifikasinya. Jika anda tertarik untuk mengetahui tentang pola silangan burung LB beserta hasil silangan pada keturunannya silahkan klik DISINI. 
Namun saya akan menjelaskan tentang bunyinya saja. Burung ini berbunyi ngekek dan berbeda dengan jenis suara burung lainnya seperti murai batu, kenari, anis merah dll. suaranya yang datar dan kurang variasi menjadi ciri khas burung ini, dalam lomba, penilaian burung ini adalah adanya sebagian isian suara dari burung lain dan durasi yang diberikan burung tersebut untuk ngekek bunyi.

Burung ini dikategorikan burung paruh bengkok dan pemakan biji bijian. berbicara tentang ngekek, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara merawat burung lovebird yang sudah jadi dan ngekek dengan baik dan benar agar burung tersebut tetap konsisten.
Berikut ini adalah pola perawatan hariannya yang harus kita cermati jika burung anda ingin tetap konsisten ngekek dan tidak ngedrop.

A. Harian
1. Jemur pagi tiap hari jam 6 saya keluarin, kerodong dibuka, bersihin kandang, ganti aer, tambah makanan, udah gitu jam stenga 7an pas matahari dah lumayan, saya masukin cepuk oval ke tiap2 kandang buat mrk mandi, seminggu 1x saya mandi semprot pake obat anti kutu dll.

2. Jam 8 atau 1/2 9 masukkin ke dlm, di tutup stengah kandang pake kerodong nya biar mrk ga saling liat 1 sama lain.

3. Sore jam 6 tutup full kerodong, jam 9 dimaster sampe besoknya.

B. Kalau mau dibawa ke lapang 
1. H-3 mulai full dikerodong abis kegiatan pagi, kangkung ama sweet corn dikasih tiap hari.
2. Pas hari H kangkung dikasih agak banyakan, sambil dilihat udah pas blm birahinya,
Serta LB yang mau digantang sebaiknya LB yang dewasa karena kalo masih muda rawan drop mentalnya. Serta sebelum siap lomba, diajak dulu ke latihan bersama(latber).

Sebenarnya cara ini adalah cara settingan individu setiap penghobi burung LB itu sendiri. Andaikan anda para master burung yang sudah kawakan dan mahir dalam perawatan, tidak ada salahnya kan membaca artikel ini, itung itung media perbandingan dengan pola perawatan anda sendiri. Silahkan anda coba tips perawatan LB ini dengan burung kesayangan anda. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Jitu Merawat Lovebird Sudah Jadi (Ngekek)"

Posting Komentar