Cara Jitu Maksimalkan Betina Kenari Agar Telur Menetas Semua

Bagi anda para peternak kenari, mungkin informasi ini bisa menjadikan referensi pengetahuan bagi anda tentang cara merawat burng betina kenari yang sedang mengeram. Mungkin tidak banyak orang dari kita yang mengetahui tentang cara yang paling efektif untuk merawat burung kenari ketika mengeram. Kita melakukan perawatan yang sama saja ketika pada waktu biasanya. Maka jangan salahkan indukan betina kenari ketika pada hasilnya indukan kenari kurang maksimal bahkan mengecewakan anda.

Proses mengerami telur sendiri biasanya berlangsung selama dua minggu atau sekitar 14 hari. Agar Anda lebih mudah merawat kenari yang sedang mengerami telur, sebaiknya Anda membuat catatan khusus untuk mengawasi proses bertelur dan mengerami telur yang dilakukan oleh kenari-kenari milik Anda.
Dengan mencatat setiap perkembangan kenari, Anda bisa memperkirakan kapan kiranya telur kenari bisa menetas. Catatan itu juga bisa membuat Anda tahu telur-telur tersebut tidak bisa menetas karena sudah melewati batas waktu mengerami telur. Telur yang tidak mau menetas bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena salah satu indukan yang mandul atau kondisi indukan yang tidak sehat. Nah, bagaimana cara tepat merawat kenari yang sedang mengerami telur? Anda disarankan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Merawat Kenari dengan Memastikan Kebersihan Kandang

Cara pertama yang menjadi salah satu faktor yang bisa memperbesar presentase menetasnya telur kenari adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Tentu Anda tidak pernah ingin burung kenari kesayangan Anda terserang penyakit seperti kutu selama proses mengerami telur sedang berlangsung. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan kebersihan kandang kenari diantaranya:

  • Jaga kandang kenari agar tetap kering. Kandang kenari yang lembab bisa mengundang munculnya kutu yang bisa membahayakan kesehatan indukan kenari.
  • Bersihkan kandang dari segala kotoran dan sisa-sisa makanan.Kotoran kenari harus secara rutin dibersihkan agar indukan kenari merasa nyaman saat mengerami telur. Kotoran yang menempel pada kandang bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit kenari. Sedangkan sisa-sisa pakan yang tercecer di kandang bisa mengundang semut untuk datang ke kandang kenari. Keberadaan semut bisa berbahaya karena bisa juga mengerumuni telur dan indukan kenari bahkan bisa membuat indukan mati.


2. Memberi Menu Pakan yang Tepat

Cara ke-2 untuk merawat kenari yang sedang mengerami telur adalah dengan memberi pakan yang tepat. Menu pakan yang tepat bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan kenari, terutama kesehatan indukan yang sedang mengerami telur.

Perlu Anda ketahui, pada masa pengeraman setelah mengeluarkan 1-4 telur, indukan kenari yang sehat biasanya akan berada di sarang hampir sepanjang waktu untuk mengerami telur-telur kenari. Indukan kenari biasanya hanya sesekali meninggalkan sarang untuk makan. Namun, indukan kenari yang kekurangan gizi biasanya lebih sering bergerak naik turun di kandang dibanding berada di dalam sarang. Oleh karena itu, faktor gizi yang terkandung dalam pakan kenari harus Anda perhatikan secara seksama. Jika indukan kenari sering meninggalkan sarang, hal itu bisa membuat peluang telur gagal menetas semakin besar.

Jadi, agar telur kenari berhasil menetas, Anda perlu memastikan kebutuhan pakan indukan kenarti tercukupi. Selain menyediakan makanan utama biji-bijian, Anda juga sangat disarankan untuk memberi pakan tambahan berupa sayuran atau telur puyuh.

3. Memperlakukan Indukan Kenari dengan Baik

Cara yang ke-3 adalah selama proses mengerami telur, indukan kenari perlu diperlakukan dengan baik. Pastikan indukan kenari berada kondisi senyaman mungkin. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan selama proses pengeraman yang biasanya berlangsung sekitar dua minggu:

  • Jangan letakkan air minum dalam tempat yang besar karena hal itu bisa membuat indukan kenari lebih sering mandi. Nah, jika indukan kenari tersebut mandi, otomatis kondisi tubuh indukan menjadi lembab dan dingin. Hal ini bisa mempengaruhi dan memperkecil peluang keberhasilan telur menetas.
  • Pastikan kandang aman dari berbagai predator berbahaya, seperti tikus, semut, kucing, dan hewan-hewan predator lainnya.
  • Jangan letakkan kenari di dekat saluran ventilasi atau jendela karena hembusan angin secara langsung bisa membuat kenari menjadi tidak sehat.
  • Jangan jemur kenari selama proses mengerami telur sedang berlangsung. Sperti yang sudah dijelaskan diatas, selama proses mengerami telur, indukan kenari cenderung lebih sedikit makan dan minum. Jika Anda menjemur kenari, hal itu bisa membuatnya mengalami dehidrasi sehingga berisiko menyebabkan kematian.
Sekian pembahasan yang dapat saya sajikan bagi anda yang kurang tahu tentang cara merawat indukan kenari yang sedang mengeram agar menghasilkan anakan yang maksimal. Kunjungi tips lainnya tentang betina kenari usia 4 bulan sudah bertelur. Ini caranya 

0 Response to "Cara Jitu Maksimalkan Betina Kenari Agar Telur Menetas Semua"

Posting Komentar