Tips Jitu Memperlakukan Burung Lomba Dari Rumah Sampai Dilapangan Untuk Dilombakan

Pada artikel sebelumnya, saya telah menjelaskan pada anda tentang tips dan trik menjaga burung kicauan kita agar tidak ngadat dimusim penghujan. Naaah pada kesempatan ini saya akan berbagi lagi pengalaman dan materi tentang tips memperlakukan burung lomba sewaktu dilapangan. Berbagai cara telah dilakukan oleh semua penghobi burung yang akan mlombakan burung kesayangannya mulai dari ritual malam, teriak, bersiul sampai ada yang memakai seragam. Entah apa maksudnya, saya pun tidak tahu. Mulai dari berangkat :
Jika menggunakan roda 4 

1. Jika Membawa Kendaraan Roda 4 atau lebih
Bersihkan tempat yang akan kita gunakan untuk meletakan sangkar burung agar terbebas dari binatang pengganggu seperti serangga.

2. Pastikan Alas yang di gunakan untuk meletakan burung bntuk permukaannya terasa empuk dan tebal serta keset agar sangkar tidak mudah berubah posisi ketika melawati jalan yang berlobang ataupun ngerem mendadak.

3. Posisikan sangkar dengan bentuk pangkringan menghadap ke Sopir / sejajar dengan pengemudi agar burung menghadap ke depan/ bentuk pangkringan tidak menyamping dari arah pengemudi.

4. Pada Saat sangkar di letakan dalam mobil, Pastikan terikat dengan erat agar posisinya tidak berubah, serta beri jarak tertentu antara sangkar satu dengan yang lainnya.

5. Periksa pakan maupun air minum burung, pastikan ke dua nya terisi penuh.

6. Sebaiknya bawa air yang di gunakan untuk mandi maupun minum burung dari rumah masing – masing.

7. Kemudikan kendaraan dengan senyaman mungkin, hindari jalan yang berlobang parah, nyalakan music maupun AC bila di perlukan

8. Hindari membawa burung sesama jenis Fighter, contoh Murai Batu dengan Kacer agar selama perjalanan burung tidak saling hantam yang berpotensi bisa drop mental pada salah satu burung tersebut.

Jika menggunakan roda 2 
Pastikan Burung Nyaman Selama dalam perjalanan, krodong sangkar burung secara berlapis, gunakan Tas khusus Sangkar atau pun Tali untuk membawa burung agar nyaman dan aman, baik bagi pengendaranya maupun burung tersebut dan selebihnya sama seperti di atas.
Ketika dilapangan :

Banyak dari peserta lomba saat burung yang telah dirawat keseharian sudah benar. Tapi saat digantangkan, burung sama sekali tidak bekerja. kenapa ini terjadi? Sebenarnya banyak kicaumania yang tidak paham bagaimana caranya menempatkan burung di lapangan lomba. maaf ya ! :D
Kadang, kalau kita lihat burung burung tempur saling berdekatan saat di lapangan lomba, seperti kacer, murai dan cucak ijo saat menunggu untuk digantangkan, burung tersebut saling mendengarkan suaranya. Peserta akan beranggapan bahwa burung yang masih dikrodong bunyi berarti burung sudah siap untuk dilombakan. 
Kalau kita amati di lapangan lomba, para peserta kadang banyak yang tidak menyadari. Burung tempur mereka saling berdekatan sebelum dilombakn. Sebenarnya walapun burung tersebut membalas suara burung lain, bukan berarti burung tersebut siap akan kita gantangkan. Burung kalau kita amati dengan benar ketika dia mendengarkan suara burung lain, bisa jadi diam dan mentalnya juga akan terganggu  karena pamor dari burung yang bunyi tersebut, saya menyarankan pada anda, sebaiknya burung – burung tempur harus jauh jangan sampai berdekatan dengan jenis burung tempur lainnya. Kalau bisa, setelah berada di tempat jauh, buka krodongnya untuk dia adaptasi dengan lingkungan lapang lomba. Kurang dua season sebelum digantang, kita krodong kemudian kita bawa ke gantangan,
Sebaiknya burung Murai, Kacer dan Cucak ijo disendirikan di lapangan lomba. Jangan sampai saling mendengarkan suara masing – masing. Kalau kenari sebaiknya mandikan saat sampai di lapangan lomba dan jemur. Kira – kira tinggal satu season sebelum diadu, baru dikrodong dan kita gantangakan. Alasannya burung ini adalah burung tempur dan akan sangat aktif bila ada musuhnya, logikanya gini. lomba aja belum dimulai udah tempur, naah pas tempur malah habis tenaga. bener kan? 
Sekian tips seputar memperlakukan burung yang akan dilombakan yang dapat saya sampaikan, kunjungi tips lainnya tentang cara jitu melatih mental burung ocehan anda

0 Response to "Tips Jitu Memperlakukan Burung Lomba Dari Rumah Sampai Dilapangan Untuk Dilombakan"

Posting Komentar