6 Strategi Jitu Mengelola Love Bird Di Atas 100 Ekor

Terimakasih telah mengunjungi blog ini, pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan secara rinci tentang bagaimana cara memancing secara alami burung lovebird ngekek. Naah untuk pembahasan kali ini saya akan fokus kepada strategi apa yang sering dilakukan peternak lovebird ketika berternak secara koloni lebih dari 100 ekor lovebird namun tetap terjamin kualitasnya.
Silahkan simak tips berikut ini

1. Strategi Kandang
Setiap kandang berukuran 1 X 1, 5 meter tersusun rapi di setiap sudut bangunan serta ukuran 3 X 4 meter untuk kandang umbaran yang biasa dijadikan menjodohkan calon induk ataupun untuk sekedar mengumbar, serta beberapa kandang yang tersusun rapi di tengah bangunan semakin memperindah dan mempermudah para perawatnya dalam kesehariannya mengurus breeding.

Disamping merawat sendiri, Om.Ferry Yong juga mempunyai beberapa karyawan multi fungsi, selain sebagai Sekuriti juga sebagai perawat harian untuk mengelola banyaknya Lovebird. Sistem keamanan yang diterapkan oleh Beliau terbilang sangat membantu, ditandai dengan beberapa CCTV yang terpasang di setiap sudut bangunan tujuannya tidak lain hanya untuk memonitor keseharian breedingnya, jadi kalau ada apa-apa para karyawannya tidak usah capek naik turun bangunan, cukup melihat ke monitor yang terpampang di salah satu ruangan Securiti.

2. Strategi Pemilihan Indukan
Om.Ferry Yong mempunyai tips tersendiri dalam memilih indukan Lovebird trah jawara. “Saya tidak melihat Lovebird ini Juara ke berada. Lihatlah sifat fighter atau daya tempurnya di lapangan. Karena kalau burung fighter digantangkan pasti akan ‘ngekek’. Dan belinya di tempat lomba kecil yang banyak orang berteriak. Yah patokannya, ribut saja tidak mau kerja. Gampang toh,”tambahnya.
3. Strategi Penjodohan
Proses Penjodohan terlebih dahulu Burung dilepaskan ke ruangan khusus, di dalam kandang koloni juga disediakan glodok, biarkan mereka mencari pasangannya masing–masing, setelah terlihat jodoh dan bertelur di dalam glodog yang tersedia barulah dimasukan ke kandang sendiri begitupula seterusnya.

Dengan ruangan yang luas, selain mengurangi tingkat stress karena ruangan sempit, meminimalkan resiko bertengkar yang biasanya terjadi jika ada lovebird baru yang dimasukkan ke dalam kandang koloni. Tentu saja mempermudah perjodohan secara acak.

Walaupun ada kelemahan, jika ada penyakit menular yang cepat menyebar. Hal itu bisa ditangani dengan menjaga kebersihan kandang dan pengaturan sinar matahari serta ventilasi udara yang masuk ke dalam kandang koloni.

4. Strategi Perawatan
Sinar matahari pagi menjelang pukul 9.00 mengandung Vitamin D yang masuk ke dalam kandang umbaran akan melatih Lovebird mempunyai power suara yang makin bagus dan menambah kerja menjadi semakin stabil. Sehingga tak perlu takut akan kehabisan tenaga, semua lovebird saling bersahut-sahutan asyik berjemur sambil bergelayutan diseutas tali yang disediakan dalam kandang umbaran yang berukuran 3 x 4 meter.

“Merawat Lovebird itu gampang, “papar Om.Ferry Yong dengan keyakinan. Karena tidak ada setelan khusus untuk Lovebird. Beliau memberikan sedikit gambaran berdasarkan pengalamannya mengelola dan mempelajari karakter ratusan Lovebird setiap harinya. Kerodong itu fungsinya menaikkan birahi. Dijemur untuk menaikkan birahi. Mandi adalah untuk melatih nafas, biar jinak dan menurunkan birahi. Jadi kuncinya utamanya adalah sebenarnya mengatur birahi Lovebird.

Perawatan terhadap burung–burung breeding bisa dikatakan sangat sederhana dan tidak ada yang diistimewakan bahkan penempatan Indukan antara burung prestasi dan burung biasa diseragamkan karena bagi Om.Ferry Yong semua burung yang ada dibreedingnya itu selalu istimewa semuanya sama baik dalam merawat maupun memberi pakannya.

Kandang umbaran Opium setinggi 2 meter memberikan keleluasaan bagi Om.Ferry untuk memberikan fasilitas ayunan. Selain memberikan efek Lovebird akan merasa senang ketika bermain dengan teman-temannya, saat nangkring dikayu yang bergoyang tersebut maka tubuhnya akan semakin kuat, sehat, langsing, lincah dan bergairah.

5. Strategi Pakan
Untuk pakan harian semua lovebird dibuatkan seragam. Cukup diberikan millet putih yang tersaji pada batok kelapa dikandang umbaran yang didominasi warna biru. Tak ubahnya seperti kita makan nasi, kandungan nutrisi pada millet putih didominasi karbohidrat yang bersifat mengenyangkan dan tentu saja tidak akan menyebabkan birahi lovebird menumpuk.

6. Strategi Vitamin
Di alam bebas Lovebird akan mencari sendiri asupan vitamin yang mereka butuhkan. Walaupun fasilitas sudah disediakan dan dibuat ruangan luas agar Lovebird bisa bebas bergerak. Kadang beberapa ditemui Lovebird yang stamina menurun dan tidak maksimal dalam pertumbuhannya.

Naah sudah jelas bukan?
Selamat mencoba dan sukses selalu.

0 Response to "6 Strategi Jitu Mengelola Love Bird Di Atas 100 Ekor"

Posting Komentar