Kapas Tembak Jenggot Anda Macet? Ini Solusinya


Dalam kondisi tertentu, terkadang burung cucak jenggot maupun kapas tembak ini yang semula rajin bunyi atau atau gacor, tiba-tiba mulai jarang berbunyi atau malah macet bunyi. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya perlu dicari terlebih dulu apa penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan burung macet bunyi :

- Burung akan memasuki masa mabung (pergantian bulu)
- Burung dalam kondisi kurang sehat atau tidak fit.
- Burung mengalami serak dan sesak nafas sebelum akhirnya macet bunyi.
- Burung dalam kondisi stres karena kaget atau ketakutan.
- Burung dalam kondisi kalah mental / drop.
- Burung dalam kondisi over birahi (OB).
Berikut ini beberapa cara menangani burung yang macet tersebut.
·         Burung sebaiknya dipisahkan dulu dari burung lain, dengan cara digantung di tempat tenang dan sepi.
·       Berikan pakan seperti biasa, termasuk buah-buahan yang bervariasi. Bisa juga buah diolesi dulu dengan madu asli (tipis saja) sebelum diberikan kepada burung.
·         Berikan extra fooding seperti jangkrik atau ulat hongkong dalam porsi 2 ekor pagi dan sore hari.
·         Untuk sementara burung tidak perlu dimandikan.
·    Jika memungkinan, cobalah ganti sangkar yang lebih luas agar burung lebih cepat ke kondisi normal dan mau berkicau kembali.
·        Khusus burung yang mengalami OB, solusinya bisa dilihat pada bagian Penanganan burung yang over birahi.

Perawatan harian cucak jenggot dan kapas tembak
Secara umum, perawatan harian untuk cucak jenggot atau kapas tembak tidak jauh berbeda dari jenis burung kicauan lainnya, mulai dari perlakuan mandi dan jemur yang cukup, pemberian pakan yang bergizi dan serasi, serta pemberian extra fooding secara rutin, termasuk buah-buahan.

Dalam praktiknya, banyak kicaumania yang memberikan resep khusus agar burungnya menjadi lebih rajin berbunyi, khususnya burung bakalan. misalnya dengan memasukan potongan kecil atau irisan kecil jahe ke tubuh jangkrik sebelum diberikan kepada burung. Ada juga yang rutin memberikan perlakuan mandi malam untuk burungnya, diembunkan menjelang fajar (sekitar pukul 03.00) sambil diberikan kroto atau telur semut rangrang.

Untuk pemasteran cucak jenggot dan kapas tembak, Anda bisa menggunakan suara masteran dari burung cililin, tengkek, dan suara burung gereja tarung, atau suara masteran dengan speed rapat


0 Response to "Kapas Tembak Jenggot Anda Macet? Ini Solusinya"

Posting Komentar